452 RW Di Jakut Mulai Inventarisasi Usulan Pembangunan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Mulai pekan ini 452 RW di Jakarta Utara, mulai melakukan inventarisasi usulan pembangunan yang nantinya akan diajukan pada rembuk RW. Proses inventarisasi ini direncanakan berlangsung hingga pekan keempat Januari.

Kepala Suku Badan Perencanaan Kota (Subanpeko) Jakarta Utara, M Arief Amien mengatakan, untuk setiap RW pihaknya sudah menyiapkan satu orang pendamping untuk membantu menginput dan mengiventarisasi usulan warga.  

Para pendamping itu, lanjut Arief, sudah diberikan pelatihan agar mampu memfasilitasi secara partisipatif untuk menggali aspirasi warga.

"Total ada 452 pendamping sesuai dengan jumlah RW. Mereka berasal dari warga di wilayah masing-masing," ujarnya

Dikatakan Amien, proses Rembuk RW akan dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat kelurahan pada pekan kelima Januari hingga pekan kedua Februari. Setelahnya pada pekan ketiga Februari hingga pekan pertama Maret 2019 dijadwalkan pelaksanaan Musrenbang kecamatan.

Kemudian, tahapan dilanjutkan dengan konsultasi publik hasil dari masing-masing Musrenbang kecamatan pada pekan kedua Maret. Pasca konsultasi publik, dijadwalkan forum UKPD untuk memvalidasi dan mematangkan usulan sebelum dibawa ke Musrenbang tingkat kota.

"Forum UKPD dijadwal pekan kedua dan ketiga Maret. Setelahnya baru Musrenbang tingkat kota," tandasnya.(pr/kj/al)